Mengenal Seluk Beluk Membeli Rumah Second Hand untuk Hunian

Selain rumah baru, baik yang Anda bangun sendiri maupun yang beli jadi ternyata ada juga rumah second hand atau rumah bekas. Membeli rumah baru  dengan rumah second tentu dua hal yang berbeda. Sebagian memang lebih menyukai rumah baru, tapi tidak sedikit yang malah mengincar rumah second hand. Rumah second memang mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari rumah second yang bisa Anda jadikan pertimbangan :


  1. Bangunan siap pakai. Anda tidak perlu waktu lama untuk menunggu rumah jadi. Anda juga bisa langsung melihat kualitas bangunan, apakah sesuai dan memenuhi standar atau tidak.
  2. Harga relatif lebih murah adn bisa ditawar. Membeli rumah second tentu tidak semahal membeli rumah baru. Umumnya Anda bisa melakukan tawar-menawar juga.
  3. Pajak yang lebih murah. Kelebihan finansial lainnya dari rumah second adalah perihal pajak karena rumah second umumnya memiliki pajak yang lebih kecil dibanding rumah baru.
  4. Bangunan siap ditempati. Begitu Anda selesai melakukan transaksi, dengan segera Anda bisa menempati rumah tersebut.
  5. Lingkungan sosial yang lebih stabil. Dikatakan lebih stabil karena berbagai hal seperti lingkungan sosial yang sudah lama terbentuk. Dengan demikian kontrol sosial, dan sistem keamanan telah lama berjalan pada lingkungan tersebut. Itulah mengapa dikatakan lebih stabil. Berbagai fasilitas umum seperti kesehatan, tempat ibadat dan lain sebagainya, juga telah berfungsi jauh-jauh hari. Hal ini tentunya dapat membuat Anda merasa nyaman dan lebih terjamin.
  6. Tidak perlu risau soal infrastrukstur kawasan seperti jalan, taman, air dan listrik yang biasanya sudah berjalan dan digunakan


Sedangkan dilihat dari sisi kelemahan memiliki rumah second dapat meliputi beberapa hal dibawah ini :


  1. Nilai guna bangunan yang menurun. Seperti diketahui bahwa, nilai guna bangunan mengalami nilai penurunan atau depresiasi selam kurun waktu 20 tahun.
  2. Kesulitan renovasi. Berkaitan dengan nilai guna yang menurun, rumah second seringkali membutuhkan renovasi di beberapa sisi. Tidak sulit rumah yang sudah lebih dari 20 tahun akan sulit untuk direnovasi.
  3. Desain bangunan tidak sesuai selera. Dengan demikian, banyak orang yang membeli rumah second mesti mengeluarkan banyak uang untuk melakukan reanovasi.
  4. Sedikit rumit dalam perkara administrasi pembelian. Anda harus jeli mengurus berbagai surat, mulai dari sertifikat serta masalah lain seperti bebas sengketa dari pemilik terdahulu, status tanah dan lain sebagainya. Pastikan dulu dengan teliti dan bekali diri Anda dengan cukup pengetahuan mengenai hal ini terlebih dahulu.


Post a Comment

Silahkan berkomentar dibawah sini :)