Tips Dekorasi Taman Mungil Penghasil Oksigen dan Penetralisir Racun

Kita hidup bersama alam. Oleh karena itu untuk mendapatkan ruangan yang sehat, suasana sekitar rumah perlu dibuat sealami mungkin. Sediakan lahan dibagian deoan rumah untuk dijiadikan taman. Walaupun mungil namun taman memberikan banyak manfaat yang bisa menghasilkan oksigen dan menetralisir racun akibat tingkat polusi yang tinggi. Menjadikan suhu dalam ruang lebih stabil dan mengurangi tingkat kebisingan di sekitar rumah.

Taman dan lingkungan merupakan areal penyejuk bagi sebuah rumah tinggal. Selain itu, lingkungan taman juga merupakan filter bagi udara yang masuk kedalam rumah. Ekosistem taman yang berupa tanaman, serangga, kolam beserta hewan air, dan warna warni bunga sering menimbulkan beberapa masalah, apalagi jika lingkungan disekitar rumah kurang mendukung.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat taman adalah meristiengetahui jenis dan karakteristik tanaman yang akan ditanam. Jangan memilih tanaman hanya karena warna atau keindahan semata. Kita harus mengetahui cara merawat, berapa kebutuhan air dan pupuknya.

Tanaman yang akan ditanam disebuah taman hendaknya sesuai dengan lingkungan aslinya. Jangan memilih tanaman dataran tinggi untuk ditanam di taman yang berada di dataran rendah. Selain mengurangi kualitas tampilannya, pertumbuhannya pun kurang maksimal.

Semprotkanlah insektisida secara berkala pada tanaman dalam takaran yang disarankan sehingga insektisida dapat segera menghilang. Jangan lupa untuk sering membersihkan tanah dari dedaunan yang rontok dan juga dinding yang terkena cipratan tanah. Sebaiknya hindarkanlah meletakkan batuan pada posisi yang tertutup matahari sehingga tidak menyebabkan tumbuhnya lumut dan bersihkan tanaman setiap hari agar senantiasa bersih dan terbebas dari hama pengganggu.

Sebagai alternatif, kita juga bisa membuat taman gantung di rumah dengan membuat semacam jalur penempatan tanaman pada dinding bagian atas. Bentuknya sama dengan ambalan tetapi salah satu sisinya dibuat menekuk untuk menahan pot agar tidak jatuh.

Tempatkan rak tanaman tersebut pada depan dinding rendah void dan tempatkan dalam posisi miring untuk membiarkan tanaman tumbuh menjuntai kebawah mengikuti gaya gravitasi sehingga akan tampak indah bila tanaman sudah tumbuh sempurna nantinya.

Hindarilah meletakkan tanaman di dalam rumah karena pada malam hari tumbuhan akan menyerap oksigen, sehingga tidak baik jika diletakkan didalam rumah. Bila menggunakan pot untuk tanaman, agar dapat tumbuh dengan cantik dan sehat ukuran pot harus sesuai dengan tanaman sebab jika terlalu kecil, tanaman akan merasa sesak. Oleh karena itu sesuaikan pot dengan usia pertumbuhannya.

Siram tanaman setiap pagi dan sore dalam takaran yang cukup. Sesuaikan juga dengan jenisnya, sebab ada beberapa tanaman yang justru akan layu jika terlalu banyak air. Tambahkan pupuk sesuai kebutuhan dan sebaiknya gunakan pupuk organik. Petiklah daun-daun kering ddengan menggunakan gunting khusus lalu taurh diatas tanah di dalam pot untuk membantu menyuburkannya.

Agar tanaman berbungan dengan baik, siram seluruh bagian tanaman dan lakukan pada pagi dan sore hari, dan pada pagi hari sebaiknya siram tanaman hanya pada bagian tanahnya saja agar tanaman tidak membusuk. Beri juga ruang tumbuh pada bunga dengan cara menggunting daun-daun yang mulai layu. Potong pula dahan-dahan yang tumbuh kedalam agar tanaman bisa bernafas dan menyerap zat-zat yang berguna bagi pertumbuhan bunga.

Berilah pupuk organik setiap satu bulan sekali dan berhati-hatilah agar tidak menggunakan pupuk berbahan kimia yang berfungsi menyuburkan daun karena bisa menghambat pertumbuhan bunga. Pelajarilah jenis-jenis pupuk dan takaran penggunaan yang pas.

Hilangkanlah rumput liar yang tumbuh diberbagai tempat. Pertumbuhan rumput liar ini bisa dikarenakan angin, hewan, hewan, air dan lain-lain. Kehadirannya dapat membuat tampilan taman atau halaman rumah menjadi kurang sedap dipandang mata. Untuk membasmi rumput atau tanaman liar lain yang tumbuh di tempat yang tidak dikehendaki terutama didalam pot, dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana dengan cara mengambil garam halus secukupnya, kemudian taburkan ke tempat yang dikehendaki. Lakukan secara berulang. Rumput liar pun akan mati dan tidak tumbuh kembali.

Seperti juga manusia tanaman memerlukan air setiap harinya untuk minum. Akan tetapi jika penghuni rumah bepergian hingga beberapa hari, pasti tanaman akan kering dan mati. Solusinya dapat dilakukan dengan meletakkan seember air dengan posisi yang lebih tinggi dari pot, kemudian letakkna sutas sumbu kompor didalam ember dan hubungkan dengan pot. Air akan mengalir melalui sumbu ini dan tanaman tidak akan kekeringan.

Pada beberapa kasus sering ditemui tanaman bunga yang rentan terhadap perubahan suhu yang menyebabkan bunganya menjadi mudah rontok. Bunga yang rontok mengurangi tampilan tanaman secara keseluruhan.

Ada cara sederhana yang dapat mencegah terjadinya hal ini yaitu dengan mencampurkan 1 liter air dengan 1 atau 2 sendok gula pasir. Aduk rata larutan tersebut dan semprotkanlah ke bunga yang sedang mekar.

Source : http://solusirumahminimalis.com/2015/03/10/dekorasi-taman-mungil-penghasil-oksigen-dan-penetralisir-racun/

Post a Comment

Silahkan berkomentar dibawah sini :)